Koenigsegg CC8S terlahir kembali untuk tahun 2022 dengan ‘dunia lain’ 1366bhp V8

Untuk menandai ulang tahunnya yang ke-20, spesialis hypercar Swedia Koenigsegg telah menata ulang mobil produksi debutnya, CC8S, sebagai visi yang sangat kuat dan sangat modern dari apa yang disebutnya “mobil pengemudi utama”: CC850.

Ini lebih merupakan penghargaan untuk mobil itu daripada rekreasi atau ‘restomod’, karena lebih terkait erat, secara mekanis, dengan hypercars Jesko, Gemera, dan Regera Koenigsegg baru-baru ini, dan menggabungkan elemen desain CC8S dengan isyarat yang diambil dari model-model yang lebih baru.

Fitur nyata yang diambil dari ‘megacar’ perintis 2002 termasuk cluster lampu rem melingkar merek dagang Koenigsegg, roda teledial dan sistem pembuka pintu ‘synchrohelix’ pesta.

Interiornya dibuat dengan cara yang sama, mengadopsi estetika minimalis yang dimodelkan pada mobil Koenigsegg paling awal, dengan perpindahan gigi gerbang terbuka, kluster pengukur analog di belakang roda kemudi bundar bebas fungsi dan banyak serat karbon yang terbuka.

Tapi di bawahnya, CC850 adalah binatang yang sama sekali berbeda. Otot – semuanya 1366bhp dan 1022lb ft – disuplai oleh varian V8 5.0 liter twin-turbocharged terbaru dari perusahaan. Mesin ini dikeringkan untuk distribusi oli yang optimal dalam situasi mengemudi yang ekstrim, dapat berjalan dengan bahan bakar sintetis dan bekerja tanpa roda gila, yang, kata Koenigsegg, menjadikannya “mesin yang paling responsif dan berputar cepat”. Itu redline pada 8500rpm, dan merek menjanjikan bahwa “sensasi aural benar-benar dunia lain dan tak tertandingi”.

Dibangun di sekitar karbon monocoque, diselimuti panel bodi karbon/Kevlar dan dengan tangki bahan bakar aluminium honeycomb, CC850 memiliki bobot hanya 1385kg – lebih dari setengah ton lebih ringan daripada Bugatti Chiron. Ini seharusnya menjadi salah satu mobil pembakaran tercepat dalam produksi meskipun merek tersebut belum merinci angka kinerjanya.

Khususnya, dikatakan bahwa CC850 “tidak diciptakan untuk memecahkan rekor Jesko atau kecepatan tertinggi, tetapi untuk meningkatkan kinerja dan menawarkan tingkat kepuasan dan kenikmatan pengemudi tertinggi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *