Aston Martin V12 Vantage Roadster adalah hardcore 690bhp drop-top

Aston Martin telah meluncurkan versi konvertibel dari V12 Vantage baru yang brutal, mempertahankan powertrain 690bhp yang sama tetapi dalam bodi yang kencang.

Roadster mengisi celah penting dalam jajaran Aston Martin, dengan V12 Vantage atap terbuka terakhir telah dijual pada tahun 2018 – meskipun V8 Vantage tersedia sebagai convertible.

Diungkapkan di Pebble Beach Concours d’Elegance, ia bergabung dengan speedster Aston Martin DBR22 “ultra-eksklusif”, yang juga memulai debutnya di acara Amerika.

Diharapkan menjadi V12 convertible terakhir yang pernah dirilis perusahaan, hanya 249 yang akan dibuat, membuatnya sedikit lebih eksklusif daripada coupé – semuanya 333 contoh yang langsung habis terjual.

Atap kain roadster adalah fitur pembeda utama, tetapi Aston Martin juga telah membuat sejumlah penyesuaian gaya lebih lanjut untuk memberikan mobil atap terbuka tampilan yang lebih bersahaja.

Misalnya, spoiler belakang telah dilepas (walaupun dapat ditambahkan kembali sebagai opsi) dan aerodinamika bagian bawah bodi mobil diubah untuk mengkompensasi kehilangannya. Ini berarti masih menghasilkan “hingga sepuluh kali downforce dari seri produksi Vantage Roadster,” menurut kepala teknis Aston Martin Roberto Fedeli.

Velg 21in yang dipesan lebih dahulu di setiap sudutnya, dibalut dengan ban performa Michelin Pilot 4S. Ini dapat diselesaikan dalam dua warna satin hitam atau perak-di-hitam. Paduan tempa yang lebih ringan tersedia sebagai tambahan opsional, memotong 8kg massa tanpa pegas.

Ujung depan yang dibenahi kembali (dengan area gril 25% lebih banyak daripada Vantage bertenaga V8) dan lengkungan roda yang ditingkatkan dari V12 Vantage coupé kembali, mempertahankan siluet mobil yang berotot.

Di bawah kap mesin terdapat mesin V12 5,2 liter yang sama yang menghasilkan 690bhp pada 6500rpm dan torsi 555lb ft pada 5500rpm.

Meskipun roadster ini 60kg lebih berat (dengan semua opsi bobot yang ditambahkan, bobotnya mencapai 1850kg), ia dapat mengirimkan sprint 0-60mph dalam 3,5 detik cepat – hanya 0,1 detik lebih lambat dari coupé. Kecepatan tertinggi tetap di 200mph.

Aston Martin belum secara resmi merinci berapa biaya roadster, tetapi diperkirakan lebih mahal daripada coupe £ 265.000. Itu akan menjadikannya Vantage paling mahal di buku-buku Aston. Namun, itu sudah terjual habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *